This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 19 Desember 2008

SALAM PRAMUKA VERSI INDONESIA Oleh: Dwi mulyantoª

Salam pramuka sudah tidak asing lagi bagi bangsa indonesia terutama para anggota pandu yang kini tinggal 2 yaitu pramuka yang dulunya terdiri bdari berbagia pandu Indonesia yang akhirnya melebur menjadi satu nama pramuka.sedang myang lainnya adalah HW (hisbul wathon) atau sering disebut pandunya orang muhamadiyah, karena pandu tersebut dibawah naungan muhamadiyah. Dari pandu-pandu itu akan dikenal salam yang menjadi alat penyapa ketika saling ketemu dalam acara apapun atau ketika saling ketemu dalam latihan.
Salam pramuka sendiri diindonesia ada perbedaandengna salam yang dilakukan oleh pramuka dunia. Dimana biasanya pramuka menggunakan 3 jari untuk salam, sedangkan bangsa Indonesia menggunakan 5 jari sebagai salam mereka. Dan itu bternyata dunia mengakui swalam tersebut dan hanya milik Indonesia. Bangsa Indonesia menggunakan 5 bjari dengna beberapa dasar yang itu secara kiasan sebagai semangata untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dari b5 jari itu ada yang menafsirkan gabungna dari pancasila, UUD ’45,Tap MPR, Tri Stya, dan Dhasa Dharma.
Adapun macam-macam salam sebagi berikut.
Salam biasa.
salam biasa dipergunakan apabila seorang Pramuka bertemu dengan Pramuka lain untuk yang perama kali atau yang terakhir pada hari itu. Siapa yang melihat dahulu, dialah yang harus memberikan salam terlebih dahulu secara otomatis tanpa aba-aba, tidak memandang pangkat dan tidak peduli mana yang lebih tua atau lebih muda.
Salam Pramuka ini dapat diberikan sambil berjalan, duduk, naik sepeda, naik mobil atau bersampan. Jadi, tidak mesti harus berdiri tegak. Cara memberikan salam dengan cara mengayunkan tangan kanan kearah pelipis kanan. Kelima jari rapat dan lurus dengan lengan bawah. Telapak tangan menghadap kebawah, ujung jari telunjuk menyentuh pelipis. Lengan kanan atas membuat siku-siku pada ketiak. Siku agak kedepan sedikit.
Jika tangan kanan membawa tongkat, tongkat itu diangkat lurus keatas rata-rata kira-kira sepuluh senti meter diatas tanah. Tangan kiri diletakan merata kedepan dada dengan telapak tangan mengahap bawah dan ujung ibu jari menempel pada tongkat.
Jika tangan kanan kita sedang membawa atau memegang sesuatu, kita boleh saja dengan menganggukkan kepala saja atau mengucapkan “Salam” ataupun melambaikan tangan kiri.
Salam Pramuka biasa bermaksud
a. Sebagai tanda saling menghargai, menghormati, menyayangi, serta menganggap sebagai saudara atau keluarga sendiri diantara sesama Pramuka;
b. Untuk saling mendo’akan keselamatan, baik bagi yang memberi maupun bagi yang diberi salam;
c. Dengan menggukan salam lima jari, berarti saling memperingatkan bahwa sebagai Pramuka, kita berkewajiban untuk menjalankan Pancasila sesuai dengan yang dituntut oleh Trisatya Pramuka .

2..Salam.Hormat
Salam hormat dipergunakan apabila seorang Pramuka
Bertemu dengan orang yang wajib dihormati, misalnya, bertemu dengan presiden, wakil presiden, menteri, gubernur, wali kota, bupati, camat, lurah, pejabat, tokoh-tokoh masyarakat, bapak atau ibu guru, serata orang tua
Dalam keadaan biasa kakak pembina cukup diberi salam biasa, tetaoi didalam suatu upacara, wajib diberi salam hormat;
Melihat bendera merah putih sedang dikibarkan atau diturunkan. Kalau kebetulan sedang sibuk mengerjakan sesuatu, lalu mendengar peluit tanda sang merah putih dikibarkan atau diturunkan. Dia harus berhenti sebentar dari kesibukannya, kemudian segera berdiri tegak ditempat menghadap bendera dan memberikan salam hormat mengikuti naik dan turunnya sang merah putih .
3. Salam Janji .

Salam janji dipergunakan apabila seorang Pramuka dalam suatu upacara mendengar temannya mengucapkan janji Trisatya. Begitu kita mendengar ucapan Demi Kehormatan Aku Berjanji … dan seterusnya dalam suatu upacara pelantikan, maka semua Pramuka yang hadir wajib memberikan salam janji secara otomatis walaupun tidak disertai aba-aba untuk menghormat.
Cara memberikan salam janji sama dengan memberikan salam hormat, yaitu dalam sikap sempurna. Jika tangan kanan membawa tongkat, tongkat itu dipindahkan untuk dipegang tangan kiri dan dimiringkan bagian atasnya ke kiri. Kemudian dengan tangan kanan memberikan salam janji. Sesudah selesai ucapan janji, tangan kanan kembali tegak dan memegang kembali tongkat tadi. Disini yang perlu diperhatikan yaitu bahwa salam janji harus selalu diberikan dengan tangan kanan. Bagi pramuka yang dengan bertugas membawa perlengkapan upacara tidak perlu memberikan salam janji. Cukuplah berdiri tegak.
Sedikit pengetahuan yang akan menambah pengetahuanyang nantinya berguna tidak hanya pada penulis melainkan para pembaca. Tiada karya yang sempurna, tetapi ada kesempurnaan disetiap karya… saran kritik yang membangun membuktikan keperdulian terhadap pembaca demi terciptanya sebuah karya yang petut untuk dibaca dan dihargai.
http://chevy-pribadi.blogspot.com/2008/06/salam-pramuka.html

ª dwi muyanto adalah mahasiswa UIN Malang jurusan T.informatika semester III dan besal dari Sragen Jawa Tengah. Serta menjadi anggota Pramuka UIN Malang.

SELAMA ORDE BARU, TANGGAL 1 OKTOBER DIRAYAKAN SEBAGAI HARI KESAKTIAN PANCASILA. MENGAPA?

Pada tanggal 1 Oktober 1965 pagi-pagi Gerakan 30 September (G30S, nama yang dipilih mereka sendiri) menculik dan membunuh enam jenderal Angkatan Darat, Kapten Tendean, dan memaklumkan Dewan Revolusi sebagai penguasa tertinggi di Indonesia.Namun pada malam yang sama, Panglima Kostrad Mayjen Soeharto, dengan mengabaikan perintah Presiden Soekarno (yang ditampung incommunicado oleh G30S) menumpas kekuatan G30S. Mengapa kejadian-kejadian ini dianggap membutkikan kesaktian Pancasila?
Menurut Orde Baru, G30S merupakan kekuatan anti-Pancasila, dan kemenangan Soeharto dianggap membuktikan, setiap usaha untuk mendongkel Pancasila pasti gagal. Demikian menurut wacana Orde Baru. Kini orang jarang membicarakan Pancasila. Seakan-akan kita malu atau segan Keseganan ini dapat dimengerti. Selama puluhan tahun, Pancasila disalahgunakan guna membenarkan sistem Orde Baru yang kini dicela. Secara khusus Pancasila dipakai sebagai alat untuk membungkamkan segala tuntutan demokratisasi dan celaan terhadap pemerkosaan hak-hak asasi manusia.Namun, Pancasila tidak boleh kita diamkan. Bahwa Pancasila disalahgunakan, tidak berarti nilai dan fungsinya hilang. Malah tujuh tahun sesudah Orde Baru jatuh, penegasan kembali Pancasila semakin mendesak.
Perlu diingat untuk apa Pancasila dicetuskan. Pancasila dicetuskan pertama kali oleh Soekarno untuk memecahkan konflik antara anggota BPUPKI yang mau mendasarkan Republik Indonesia atas nasionalisme sekuler dan mereka yang mau mendasarkannya pada agama Islam.Hakikat Pancasila sebagai landasan persatuan bangsa Indonesia menjadi jelas pada 18 Agustus 1945. Atas desakan Hatta, demi persatuan Indonesia, PPKI, termasuk tokoh-tokoh Islamis, sepakat menghapus tujuh kata yang mewajibkan syariat Islam kepada para pemeluk agama IslamSejarah perumusan dan pengesahan Pancasila ini menunjukkan, Pancasila tak lain adalah kesepakatan rakyat Indonesia untuk membangun sebuah negara, di mana semua warga sama kedudukannya, sama kewajiban, dan sama haknya. Jadi, semua warga masyarakat punya kedudukan sama, tanpa diskriminasi, tanpa membedakan agama, tanpa membedakan antara mayoritas dan minoritas, sama-sama memiliki kewajiban-kewajiban dan hak-hak dasar sebagai warga negara dan sebagai manusia.
Penegasan kembali Hanya atas dasar Pancasila yang menjamin identitas semua komponen bangsa, tanpa membedakan antara warga negara kelas satu dan kelas dua, kemajemukan masyarakat Nusantara, mau dan bisa membentuk satu bangsa Indonesia dalam satu negara Indonesia.Cabutlah Pancasila, dasar kesepakatan ratusan etnik dan suku di Nusantara untuk membentuk Indonesia, juga tercabut. Pancasila adalah jaminan atas kemungkinan balkanisasi Indonesia. Sekarang kesepakatan dasar itu perlu ditegaskan kembali, berhadapan dengan intoleransi dan eksklusivisme yang makin tidak malu menunjukkan kepalanya.Pancasila menuntut kesediaan rakyat Indonesia untuk saling menerima dalam kekhasan masing-masing.Implikasi Pancasila adalah negara dan kehidupan bangsa Indonesia harus ditata secara inklusif. Setiap kelompok dapat hidup menurut cita-citanya, tetapi setiap usaha untuk memaksakan cita-cita salah satu kelompok, entah dia mayoritas atau minoritas, semuanya pasti membatalkan kesepakatan Pancasila dan tekad untuk membentuk satu negara dan satu bangsa Indonesia .

Saktikah Pancasila? Tanggal 1 Oktober 1965 dan buntutnya membuktikan, Pancasila hanya sesakti tekad dan kesetiaan mereka yang komit padanya.Tanggal 1 Oktober 1965 lebih tepat disebut Hari Pengkhiatan Pancasila. Pertama oleh mereka yang melakukan makar dan secara brutal membunuh sembilan perwira tinggi Angkatan Darat. Kedua oleh mereka yang kemudian membunuh, atau membiarkan dibunuh, ratusan ribu saudara dan saudari sebangsa, yang menangkap, dan sering menyiksa jutaan orang, yang menahan puluhan ribu orang lebih dari 10 tahun lamanya, yang mencuri hak warga, dan sering juga hak miliknya, dengan dalih mereka terlibat PKI/G30S, padahal banyak yang tidak terbukti. Itu semata-mata karena orientasi politik mereka, salah satu kebiadaban terbesar di bagian kedua abad ke-20. Jelas, kesaktian Pancasila tergantung dari kita. Dan jelas juga Indonesia hanya akan menghindar dari nasib seperti Yugoslavia, apabila kita kembali secara nyata pada komitmen yang terungkap dalam Pancasila.



Referensi: http://infectionary.blogspot.com/2007/01/sakstikah-pancasila.html

KOMUNIKASI LAPANGAN (KOMLAP)

PENDAHULUAN
Komunikasi adalah proses penyampaian suatu maksud, tujuan ataupun berita-berita kepada pihak lain dan mendapat respon/tanggapan, sehingga kedua belah pihak mencapai pengertian yang maksimal. Komunikasi dapat dilakukan secara lisan, tulisan, isyarat/tanda dan dapat juga menggunakan (misalnya radio). Komunikasi selalu memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan sebuah aktivitas atau kegiatan, terlebih lagi apabila menyangkut suatu operasi darurat untuk penyelamatan jiwa atau bencana/disaster, maka peran komunikasi sangat dibutuhkan untuk penyampaian informasi pada pihak-pihak yang berkepentingan.

Komunikasi memiliki sejarah yang panjang, ketika manusia mulai memerlukan sarana komunikasi jarak jauh, maka mulailah diciptakan alat-alat komunikasi tersebut, baik yang menggunakan gendering, kentongan, asap, bendera, hingga yang lebih modern seperti telepon, facsimile, radio dua arah (HT; baca : Handy Talky), Hand Phone dan sebagainya. Kebutuhan komunikasi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan telnologi itu sendiri, sehingga jarak dan tempat bukan menjadi pembatas lagi untuk melakukan suatu komunikasi.

KOMUNIKASI DENGAN SARANA RADIO DUA ARAH (HT)
Kita sering melihat banyak anggota Polisi, TNI, Pemadam, SAR dan instansi lain menggunakan radio dua arah yang lebih dikenal dengan nama "HT". Masyarakat umum juga saat ini mulai banyak yang memanfaatkan HT tersebut untuk berbagai kegiatan. Bagaimana penggunaan alat tersebut?

Tips bagi para user HT :
Kenali dan pahami penggunanaan tiap jenis radio, karena :
a. Setiap merek berciri khas berbeda terutama dari segi modelnya.
b. Setiap merek punya dua model yaitu Manual dan Digital
Cek kelengkapan dan kelayakan radio, dengan cara :
c. Cek bagian-bagian radio, a.l; tombol, antenna, konektor, kabel (apabila memakai mount antenna).
d. Pastikan kondisi baterai full, siapkan juga baterai cadangan dan batterry charger(utk pemakaian lama), perhatikan pula charging duration.
Kuasai bahasa standar komunikasi ; International Alphabetic dan Local Alphabetic. Lihat lampiran
Kuasai kode-kode komunikasi (Sandi Perhubungan Mobilisasi). Lihat lampiran
Kenali kode-kode penting untuk akses informasi yang berharga baik dalam hal keamanan maupun keselamatan.
Perhatikan dan kuasai teknik calling/dialing dengan sesama user.
Setelah selesai, cek kembali alat sebelum disimpan.
Selamat On Air, Solo Bandung, 8-5, 8-13, Bye…

A. ETIKA BERKOMUNIKASI
a. Komunikasi Point to Point
Memantau dahulu/memonitor pada frekwensi/kanal yang diinginkan.
Wajib menyebutkan CALLSIGN dan tempat/posisi memancar
Menyebutkan callsign dan biasakan mengucapkan kata ganti pada akhir pembicaraan
memberikan kesempatan/prioritas pada penyampai berita-berita yang penting
menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
mengatur jalur/kanal apabila muncul pertama kali di kanal/frekwensi
apabila jalur kanal sibuk sementara butu komunikasi agak panjang dengan seseorang, sebaiknya bergeser (tidak memonopoli kanal/jalur/frekwensi
menggunakan kode TEN (10), kode eigh (8) untuk efisiensi komunikasi
membiasakan menulis di log book, dicatat dengan siapa berkomunikasi dan kapan/tanggal dan waktu komunikasi dilakukan
menggunakan nama panggilan Juliet Zulu (RAPI JAWA TIMUR),No daerah dan Suffiknya, contoh JZ 13 MWD
Di larang menjadi net pengendali apabila sedang dalam stasiun gerak

b. Komunikasi Melalui Repeater/Pancar ulang
Radio Pancar Ulang (RPU) adalah Stasiun Radio yang digunakan untuk memancar ulangkan pesan melalui pesawat yang jangkauanya lebih luas. Stasiun ini biasanya digunakan oleh
Monitor dahulu selama 3-5 menit
memperhatikan siapa yang sedang berkomunikasi
memperhatikan apa yang sedang dikomunikasikan
masuk pada spasi atau interval (tidak perlu menggunakan kata break atau contact), dengan menyebutkan callsign dan apabila ingin berkomunikasi/memanggil komunikasilangsung memanggil dengan menyebut orang yang di panggil. (Contoh: JZ13MWD memanggil JZ13MMP, maka pada jeda SPASI JZ13MWD langsung masuk dengan mengatakan: JZ13MMP, JZ13MWD 10.25)
tidak perlu tergesa-gesa, komunikasikan dengan kata-kata yang jelas dan mudah dimengerti/difahami
berkomunikasi seperti pada kanal/frekwensi kerja biasa
apabila ada hal yang bersifat darurat/emergency silahkan gunakan interupsi pada spasi/interval
Jangan memonopoli frekwensi dengan berkomunikasi hanya dengan satu orang, dan selalu memberikan kesempatan kepada orang lain yang mau menggunakan pancar ulang
membiasakan mengucapkan kata ganti pada akhir pembicaraan.
memberikan kesempatan kepada pengguna dilapangan
mengutamakan / memberikan kesempatan pada pembawa berita yang bersifat emergency / darurat
Tidak dianjurkan berkomunikasi melalui repeater dengan menggunakan peralatan penguat mikrofon seperti : Echo, ALC dsb. Karena audio justru akan menjadi melebar dan tidak nyaman bagi orang lan yang nmendengarkan

c. Penggunaan Kata INTERUPSI
Apabila mau memotong / menyela pembicaraan disebabkan ada sesuatu informasi yang penting, gunakan pada saat jeda komunikasi atau spasi, kemudian masuk dengan menyebutkan Callsign.
Monitor/menunggu sampai di sebutkan callsign atau sampai sudah dipersilahkan menggunakan jalur


Lampiran
KODE ALPHABETIC


KODE LOCAL INTERNASIONAL
A AMBON ALPHA
B BANDUNG BETA
C CEPU CHARLIE
D DEMAK DELTA
E ENDE ECHO
F FLORES FOXROT
G GARUT GOLF
H HALONG/HONGKONG HOTEL
I IRIAN INDIA
J JAKARTA JULIET
K KENDAL KILO
L LOMBOK LIMA
M MEDAN MIKE (baca: MAIG)
N NAMLEA NOVEMBER
O OPAK OSCAR
P PATI PAPA
Q QUIBEC QUIBEC
R REMBANG ROMEO
S SOLO SIERA
T TIMUR/TEGAL TANGO (baca: TENGGO)
U UMAR UNIFORM
V VICTOR VICTOR
W WILIS WHISKY
X X-RAY X-RAY
Y YOGYA YANGKE (baca: YENKI)
Z ZULLU ZULLU

SANDI UNTUK KOMUNIKASI
PERHUBUNGAN MOBILISASI


KODE KETERANGAN
1 . 1 Hubungan pusat melalui telepon
1 . 1S Hubungan pusat melalui telepon, segera
1 . 2 Pribadi menghadap ke pusat
1 . 2S Pribadi menghadap ke pusat, segera
1 . 3 Temui pelapor, dan minta keterangan yang lengkap
2 . 1 Lakukan razia kendaraan di ……
2 . 2 Lakukan razia penumpang kendaraan di …..
2 . 3 Lakukan razia orang-orang yang dicurigai di …..
2 . 4 Lakukan razia orang-orang yang dicurigai bersenjata di …..
3 . 1 Diminta kartu Keterangan Penduduk/Identitas
3 . 2 Diminta kartu mengenai Surat Tanda Nomor Kendaraan
3 . 3 Diminta Surat Izin Mengemudi
3 . 3M Kecelakaan Lalu Lintas, kerugian materiil
3 . 3L Kecelakaan Lalu Lintas, korban luka
3 . 3K Kecelakaan Lalu Lintas, kerusakan materiil, korban meninggal
3 . 4 Kecelakaan Lalu Lintas, tersangka melarikan diri
3 . 5 Kecelakaan Lalu Lintas, korban meninggal, tersanngka melarikan diri
4 . 1 Kerusakan di …..
4 . 2 Anggota POLRI perlu bantuan
4 . 3 Tahanan berontak, perlu bantuan
4 . 4 Kerusakan di kantor polisi, semua mobil unit segera memberikan bantuan, agar waspada
5 . 1 Sedang ada pertemuan terlarang
5 . 2 Ada perkelaian terlarang
5 . 3 Sedang ada kerusuhan di …..
5 . 4 Sedang ada demonstrasi di ….
6 . 1M Perampokan di …..
6 . 1L Perampokan di ….., dengan korban luka
6 . 1K Perampokan di ….., dengan korban meninggal dunia
6 . 2 Pencurian kendaraan bermotor di …., tanda-tandanya …..
6 . 3 Terjadi penganiayaan berat/pembunuhan di ….
6 . 4 Agar ditangkap dan ditahan atas pelanggaran pasal …..
6 . 5 Ada kebakaran di …..
7 . 1 Ambulan segera diperlukan
7 . 2 Ambulan segera dikirim
7 . 3 Ambulan segera ditambah
7 . 4 Mobil Derek segera diperlukan
7 . 5 Mobil Derek segera dikirim ke …..
7 . 6 Barisan Pemadam Kebakaran agar segera ditambah
7 . 7 Barisan Pemadam Kebakaran sudah dikirim
7 . 8 Agar juru potret/penyidik jari segera didatangkan
7 . 9 Juru potret/penyidik jari sudah dikirim
8 . 1 Pemancar diterima lemah/kurang baik
8 . 2 Pemancar/pesawat diterima dengan baik
8 . 3 Penerimaan kurang jelas agar menggunakan penghubung lain
8 . 4 Bagaimana penerimaan daya pancar
8 . 5 Berhenti memancar, kecuali keadaan darurat
8 . 6 Mengerti
8 . 7 Teruskan berita ini kepada …..
8 . 8 Sedang sibuk dan tidak ada di tempat
8 . 9 Apakah saudara dapat berhubungan dengan …..
8 . 10 Pesawat dipadamkan selanjutnya berhubungan dengan telepon
8 . 11 Kembali ke udara
8 . 12 Segera diulangi penerimaan terganggu
8 . 13 Siap melaksanakan tugas selanjutnya
8 . 14 Laporan terlalu cepat, berbicara agak lambat
8 . 15 Minta informasi keadaan cuaca
8 . 16 Minta waktu (jam) yang tepat (jam berapa)
9 . 1 Tugas pengawal
9 . 2 Tugas mengawal Tamu VIP
9 . 3 Tugas mengawal Presiden
9 . 4 Tugas mengawal Bahan Peledak
10. 1 Selesaikan secepat mungkin
10. 2 Saudara berada di mana/saya berada di …..
10. 3 Berita/perintah terakhir dihapus
10. 4 Berita ini tidak untuk umum
10. 5 Untuk diumumkan kepada semua jajaran
10. 6 Untuk diumumkan kepada semua POLRES
10. 7 Tidak sesuai dengan peraturan/perintah dilarang
10. 8 Menuju ke …..
TARUNA Berita







Sumber : Materi DIKLAT Pasukan khusus pramuka (PASUSKA ) XIV pangkalan UIN Malang.

E-GOV, MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PEMERINTAHAN


e-Gov, Memanfaatkan Teknologi Informasi Untuk Pemerintahan Ir. M Nasri AW, M.Eng.Sc Kepala Bagian Pengelola Data Elektronik; Setda Kabupaten Malang Email: nas@kabmalang.go.id Kemajuan dibidang teknologi komputer dan teknologi informasi saat ini telah sungguh sungguh membawa kemanfaatan yang luar biasa dalam menghadirkan informasi dan memberikan sarana komunikasi yang efektif dan efisien. Ada 3 kata kunci didepan suatu kata yang menunjukkan peran teknologi informasi yaitu kata elektronic (e), information (i) dan mobile (m).
Sebagai contoh e-commerce (perdagangan elektronik), i-phone (informasi via telephone/ handphone) dan m-banking (pelayanan informasi dan transaksi via peralatan bergerak/mobile seperti Handphone, Laptop atau Personal Digital Assistance/PDA,). Dan e-Gov (electronic Government) adalah salah satu aplikasi untuk kepemerintahan Tiga tahun yang lalu, pada tahun 2002, sebuah konsultan dunia Pacific Council International Policy (PCIP) mempublikasikan potret dua kelompok berbeda bagaimana penerapan salah satu aplikasi kemajuan aplikasi komputer untuk pemerintahan. Publikasinya adalah Roadmap for e-Government in the Developing World. (dalam pembukaan buku RE Indrajit, e-Gov in Action, 2005). Publikasi ini memberikan informasi keberhasilan beberapa negara, dari yang mulai berkembang sampai negara maju, dalam mengeksploitasi penerapan teknologi informasi untuk penyelenggaraan kepemerintahan. Mulai dari mengapa kita memerlukan e-gov, bagaimana menentukan visi dan prioritas e-gov, sampai dengan bagaimana sebuah e-gov ikut memperbaiki peran partisipasi masyarakat dalam proses pemerintahan.
Proses penyelenggaraan dan pelayanan pemerintah sampai saat masih terus ditingkatkan agar efisien dan efektif. Sistem dan proses kerja pelayanan harus adaptif menjawab perubahan yang kompleks dan dinamis, dan memerlukan respon/tanggapan secara cepat sebagai akibat masyarakat yang telah melek informasi. Oleh karena itu pemerintah telah mengembangkan e-gov sebagai suatu sistem dan proses kerja dengan memanfaatkan teknologi informasi yang lebih lentur dan responsif untuk memfasilitasi berbagai bentuk interaksi yang kompleks dengan lembaga-lembaga pemerintahan, masyarakat, dunia usaha, dan masyarakat internasional e-Gov Pemkab Malang, sebuah pencapaian Pemerintah telah mengeluarkan Inpres No.3 Tahun 2003 tentang Tentang Kebijaksanaan dan strategi Nasional Pengembangan e-government. e-Gov atau e-Government. Sebagai suatu sarana penyelenggaraan pemerintahan dengan menggunakan elektronik akan memberikan peranan yang besar dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan sarana informasi dan komunikasi antara pemerintah (birokrasi) – masyarakat dan dunia usaha. Dengan demikian e-gov menemukan perannya pada saat otonomi daerah dimulai.
Kata kunci semangat otonomi adalah memberikan peranan (daerah/masyarakat) yang lebih besar dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan secara lebih baik, demi semakin cepatnya pencapaian kesejahteraan masyarakat. Selain inpres tersebut, Pemerintah juga telah mengeluarkan Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2001 Tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika Indonesia serta Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2000 dan Nomor 9 Tahun 2003 Tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia Inpres, dimaksudkan untuk memberikan pedoman dan respon Pemerintah akan tuntutan perubahan menuju lingkungan global berbasis teknologi informasi. Perubahan ini didorong oleh kemajuan dan penggunaan komputer dan aplikasi-aplikasinya. yang sungguh-sungguh memberikan sarana kemudahan dalam menjalankan informasi, komunikasi dan pelayanan masyarakat.
.Melalui pengembangan e-government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi informasi. Pemerintah Kabupaten Malang, sudah mulai menerapkan e-gov 3 tahun sebelum inpres No.3 tahun 2003, yakni pada tahun 2000 dengan membentuk unit Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) Sebuah langkah awal srtategis untuk menata sebuah kerja besar yang namanya e-Gov.
Ada 4 tahapan dalam rencana pencapaian e-gov di Kabupaten Malang, yaitu: Persiapan, Pematangan; Pemantapan dan Pemanfaatan. Secara umum pencapaian setiap tahap adalah: 1. Tahap persiapan antara tahun 2000 – 2003, secara konsep telah terbentuk struktur organisasi dengan pengisian staf yang menjabat. Telah dicapai pemenuhan kebutuhan hardware berupa komputer termasuk 3 server, penataan jaringan on line Unit Kerja termasuk Kecamatan dan penyediaan ruangan kantor yang memadai. Secara simultan juga telah dikembangkan beberapa aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk unit kerja.
Tercatat kita memiliki 12 SIM Unit Kerja. Momentum on-line dan situs www.kabmalang.go.id telah dicanangkan pada 12 September 2002. Situs kita telah menampilkan informasi kepemerintahan, informasi jenis pelayanan, potensi dan peluang investasi, profil unit kerja dan kecamatan, informasi berbasis peta (Sistem Informasi Geografis), dan kegiatan pembangunan serta hubungan (link) dengan unit kerja horisontal dan vertikal. Pelayanan e-mail dan Sistem Informasi Manajemen dilakukan secara terbatas dan tidak semuanya untuk konsumsi publik. Untuk SDM juga mulai dilakukan pemenuhan kompetensi dasar pengelolaan elektronik. Sosialisasi dilakukan pada kurun 2003-2004 sampai sekarang.
2. Tahap Pematangan antara tahun 2004-2005 ini. Pematangan dan penyempurnaan terus menerus baik kualitas informasi maupun kualitas teknologi pada situs informasi publik interaktif. Sistem informasi harus bersifat adaptif terhadap dinamika perubahan yang terjadi baik perubahan struktural maupun data, sehingga sebuah SIM harus dapat digunakan dengan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. Penyiapan SDM juga lebih ditingkatkan kompetensinya baik perekayasa sederhana sebuah database dan SIM maupun pengelolaan jaringan yang cukup rumit.
Pada kurun ini pula SIM yang telah dikembangkan terus disosialisasikan penggunaannya. Kondisi perangkat komputer yang memasuki usia ke-3 cukup rawan menimbulkan masalah-masalah gangguan, untuk ini pemeliharaan dilakukan terus menerus. 3. Tahap Pemantapan yang direncanakan kita lalui pada tahun 2006, yang akan melakukan kegiatan Pembuatan situs transaksi pelayanan publik dan Pembuatan interoperabilitas aplikasi maupun data dengan lembaga lain. Interoperabilitas adalah sistem operasi dan aplikasi yang menjamin dapat saling berkomunikasi (data) unit satu dengan unit lainnya. Bagian PDE akan menyelesaikan tugas berat ini mengingat begitu kuatnya semangat unit kerja dalam mengembangkan SIM dan aplikasi teknologi dengan kekhususan lapis (layer) informasi sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. 4. Tahap Pemanfaatan yang dijadwalkan paling lambat akhir tahun 2006. Namun sejak tahap persiapan secara paralel telah juga dimanfaatkan. Kegiatan pemanfaatan adalah Pembuatan aplikasi untuk pelayanan yang bersifat informatif, interaktif dan transaktif yang digunakan untuk Antar pemerintah baik internal maupun eksternal horizontal dan vertical (Government to Government, G2G), Antar pemerintah dan pengusaha (Government to Business, G2B) dan Antar Pemerintah dan Masyarakat (Government to Customer, G2C) yang terintegrasi. Penyiapan SDM yang mengusai teknologi pemrograman transaktif berbasis WEB menjadi kebutuhan sebuah unit PDE. Melaksanakan tahapan pemanfaatan e-gov, harus dilakukan dengan dukungan pembiayaan yang tidak sedikit dan penyiapan SDM yang memerlukan komitmen yang sungguh-sungguh. Selain itu sosialisasi kepada segenap jajaran pemerintah dan masyarakat bahwa e-gov adalah teknologi informasi yang akan menjadi kebutuhan dalam menghadirkan pelayanan mesyarakat yang terjangkau serta memberikan peluang dalam menjual potensi dan menarik investasi bagi upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.
e-Gov Marilah kita Gunakan Pengalaman Pemerintah Kabupaten Malang dalam meletakkan dasar dukungan untuk e-government telah mencapai taraf siap melayani pengguna informasi baik internal jajaran pemerintah maupun eksternal bagi masyarakat. Sebagaimana dimaksudkannya tujuan e-gov sebagai sarana peningkatan pelayanan, komunikasi dan informasi (serta kedepan: transaksi), maka kesiapan Pemerintah Daerah harus diimbangi dengan kesiapan segenap stake holder jajaran birokrasi pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha. Sudah semestinya semua komunitas, termasuk Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan lembaga kemasyarakatan sudah mulai ikut memanfaatkan, mengisi dan mengembangkan fungsi-fungsi layanan e-government. Kerap kita dihadapkan masalah betapa sulitnya melakukan transformasi kebiasaan dari pola lama (manual, pencarian informasi dan layanan secara datang fisik) menjadi menggunakan teknologi informasi yang tinggal menjangkau komputer disekeliling kita.
Marilah dengan sedikit kemauan, akan sangat berarti dalam memasuki dunia informasi, marilah kita jangkau komputer dan meng-kliknya. Pada tataran praktis sehari-hari ditemui beberapa kendala yang masih menjadi perhatian, yaitu masalah keandalan komputer dan jaringan yang sangat resisten terhadap kerusakan, baik karena penggunaan yang telah melampaui masa umur efektif maupun kerusakan sistem operasi dan aplikasi karena virus. Kendala lain adalah informasi dan komunikasi melalui media komputer masih belum menjadi kebutuhan. Perhatian yang kurang akan menentukan kurangnya kualitas isi informasi yang disediakan bagian PDE. Oleh karena itu marilah kita mulai menggunakan e-gov pada langkah yang pertama dan paling dasar yaitu menggunakan komputer untuk menjadi kebutuhan sehari-hari dalam memasok informasi dengan menjalankan SIM dan klik www.kabmalang.go.id.
Referensi www.kabmalang.go.id .email: kpdemlg@kabmalang.go.id 22 agustus 2005 –:
ª dwi muyanto adalah mahasiswa UIN Malang jurusan T.informatika semester III dan besal dari Sragen Jawa Tengah. Serta menjadi anggota Pramuka UIN Malang.

KRITERIA UTAMA CALON PASANGAN HIDUP

KRITERIA UTAMA CALON PASANGAN HIDUP

HATI2 KRITERIA SEMU
criteria semu umumnya seorang menilai seseorang dari tampilan fisik, baik fisik dalam arti tubuh maupun materi yang dimiliki. Akibatnya banyak yang terjebak daklam cinta semu.seolah mencintai diri si dia sepenuhnya padahal ia hanyamencinai harta atau tubuhnay saja yan ia pandang indah…maka jang saampai kita terjebak dengan criteria semu….
AWAS PLAYBOY DAN PLAYGIRL
Tak sedikit wanita2 ergila-gila pada laki2 idolanya, terutama dari kalangan artis. Anganpun melayang andai memiliki pasangna yang seganteng dan seatletis idolanya tersebut.hal2 yang berkaitan dengna kehormatan dan keselamat diri dimasa depan tidak terpikirkan. Ketika laki2 iu berhasil ditemukan, dia mabuk kepayangan dengna cintanya walaupun pasangannya itu tidak sesempuna idolanya. Tak pernah terpikirkan latar belakangnya, pergaulannya, kesucianya atau perilaku yang lainnya dibelakang kita.banyak yang kemudian baru ketahuan pasangan tersebut adalah playboy atau laki2 yang doyan mempermainkan wanita atau senang gonta-ganti pacar….
Tak sedikit pula dikalangan laki2 yang terbuai dengna kemolekan tubuh sang wanita hingga setelah menikah ketahuan ternyata ia sudah tidak perawan “naudzubillah tsumma naudzubillah”. Usut punay usut ternyata wanita ini adalah seorang playgirl atau wanita penggoda yang doyan gonta-ganti pacar….
Alllah berfirman”dan laki2 pezina tidak layak kain kecuali dengan perempuan2 pezina atau musyrika, dan perempuan2 pezina pun juga tidak layak kawin kecuali dengan laki2 pezina atau musyrik” (QS. An-nur:3)
“wanita2 yang keji diperuntukkan bagi laki2 yang keji. (Sebaliknya) laki2 yang keji diperuntukkan bagi wanita yang keji”(QS.An-Nur:26).
JANGAN TERJEBAK NAFSU
Inginnya wanita yang benar2 sempurna tapi jangna pernah berharap meraih kesempunaan maksimal didunia ini. Rosululullah saja memahami benar kecenderungna manusia, namun hal yang paling utama yang harus menjadi titik perhatian adalah agamanya….jadi jangan pernah terjebak nafsu dengna menyingkirkan faktor2 agama hanya untuk menhewjar atribut2 keduniawian seperti kecantikan.
Rasululullah bersabda”wanita dinikiahi karena empat perkara: 1. karena harta bendanya. 2. karena ketturunannya .3. karena kecantikannya dan 4. karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang memiliki agama, pasti kamu beruntung”(HR.Bukhori-muslim, dari Abu hurairah.ra).

B. KRITERIA SEJATI
“dan wanita yangbaik diperuntukan abagi laki2 yang baik. (Sebaliknya) laki2 nyang baik dperuntukan bagi wanita yang baik”(QS. AN-Nur:26)..
Ayat diatas paling penting ditekankan pada landasan ketika seorang ingin mendapatkan hal yang baik, maka ia harus menjadi yang baik terlebih dahulu….
Semakin baik, maka semakin bail lagi jodohnya yang kan ia dapat….
KRITERIA UTAMA
Ukuran ideal seorang pendamping hidup dalam konsep islam adalah seberapa faham tentang islam…calon suami ideal adalah yang mampu menghidupi istri dan keluarganya artinya memiliki keahlian untuk berusaha. Dari segi fisik berwajah ganteng (relative penilainnya orang). Dan memiliki anggota tubuh yang lengkap dan sempurna (tidak cacat). Dari keturunan yang baik(terhormat).
Namun yang paling penting adalah pemahaman islam serta aplikasinaya yang nantinya sebagai alat untuk penyelamatan diri dalam kehidupannya..sedangkan istri ideal adalah wanit ayng mmampu mengaplikasikan nilai2 islam dalam kehidupan sehari2 atau dalam kata lain wanita shalih
KRITERIA PENDUKUNG
A. Mengutamakan yang jauh.
Tanpa sadar budaya menikahkan anak dengan orang yang dekat telah menjamur dan menjadi sebuaha adapt. Padahal hal tersebut akan melahirkan sebuah masalah.walaupun itu sah tapi hal tersebut dipandang kurang maksimal….
Rasulullah berkata”jangan kamu menikah dengna keluarga dekat, sebab anak2nya kelah akan menjadi kaum yang lemah”(AL-Hadits). Dari hal tersebut didapat beberapa hal yang positif. Seperti: membuahkan anak yang tangguh dan cerdas, memperrluas kerabat serta menghasilkan generasi yang tak ada saling diskriminasi…
B. memiliki naluri mencintai anak.
Naluri mencintai anak adalah modal yang mutlak yang harus dimiki oleh sebuah keluarga. Karena ini kan menjadi dasar untuk mendidik anaknya. Ini ditekankan pada seorang ibu, karena ibu sebagai madrasah pertama bagi anaknya sebelum belajar diluar lingkungan keluaga.cerminan wanita sholihah ia memiliki tabiat untuk menyayangi anak kecil walaupun kia tidak kenal.
C. wanita subur.
Sabda Rosulullah”kawinilah wanita2 yang penyayang dan banyak anak”(HR. Abu Dawud dan Nasa’i). memilih yang subur peranakanya adalah anjuran yang diutamakan, sebab dari sana makna “keluarga sakinah”.
D. mengutamakan gadis.
Maksudnya seorang pemuda sebaiknya memilih gadis dari pada janda. Sebab pemuda memang kufunya(keserasiannya) untuk gasdis. Dia belum banyak penglaman dalam berkeluarga mendidik anaka atau mengasuh bahkan membawahi istri. Dengan begitu sangat cocok ia mengarungi kekeluargaan dengnan seorang gadis untuk keseimbangan keluarga.
Sabda Rasulullah”hendaknya kalian menikah dengna seorang gadis sebab ia lebih lembut mulutnya, lengkap rahimnya tidak terfikirkan untuk membuat serong dah lebih menerima keadaanya”(HR. ibn Majahdan Baihaqi dari Umaiimir bin saidah ra.).
E. berpendidikan kekeluargaan.
Titik pokoknya adalah kekeluargaan harus punay sebuah komirmen yang mdisetuuai oleh suamu maupun istri untuk kemaslahatan berdua. Dalah hal ini pnekanan adalah saling memehami antara yang lain.serta selalu mencoba menyerasikan perbedaan2 yang ada dalam keluarga tersebut. Beda belum tentu gak serasi……




Sumber”buku pacaran yang islami adakah?penerbit MUJAHID”



Rabu, 17 Desember 2008

KONSEP CINTA DALAM ALQUR'AN

النَّبِيُّ أَوْلَى بِالْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنفُسِهِمْ وَأَزْوَاجُهُ أُمَّهَاتُهُمْ وَأُوْلُو الْأَرْحَامِ بَعْضُهُمْ أَوْلَى بِبَعْضٍ فِي كِتَابِ اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ إِلَّا أَن تَفْعَلُوا إِلَى أَوْلِيَائِكُم مَّعْرُوفاً كَانَ ذَلِكَ فِي الْكِتَابِ مَسْطُوراً

6. Nabi itu (hendaknya) lebih utama bagi orang-orang mukmin dari diri mereka sendiri [1201] dan isteri-isterinya adalah ibu-ibu mereka. Dan orang-orang yang mempunyai hubungan darah satu sama lain lebih berhak (waris-mewarisi) di dalam Kitab Allah daripada orang-orang mukmim dan orang-orang Muhajirin, kecuali kalau kamu berbuat baik [1202] kepada saudara-saudaramu (seagama). Adalah yang demikian itu telah tertulis di dalam Kitab (Allah).

[1201] Maksudnya: orang-orang mukmin itu mencintai nabi mereka lebih dari mencintai diri mereka sendiri dalam segala urusan.

[1202] Yang dimaksud dengan berbuat baik disini ialah berwasiat yang tidak lebih dari sepertiga harta.

(QS. Al Ahzab : 6)



وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِّنَ الْأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُوْلَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ

7. Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu 'cinta' kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,
(QS. Al Hujuraat : 7)



إِذْ قَالُواْ لَيُوسُفُ وَأَخُوهُ أَحَبُّ إِلَى أَبِينَا مِنَّا وَنَحْنُ عُصْبَةٌ إِنَّ أَبَانَا لَفِي ضَلاَلٍ مُّبِينٍ

8. (Yaitu) ketika mereka berkata: "Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata.
(QS. Yusuf : 8)



وَإِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيدٌ

8. dan sesungguhnya dia sangat bakhil karena cintanya kepada harta [1598].

[1598] Sebagian ahli tafsir menerangkan bahwa maksud ayat ini ialah: manusia itu sangat kuat cintanya kepada harta sehingga ia menjadi bakhil.

(QS. Al 'Aadiyaat : 8)



وَإِن طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِن بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا الَّتِي تَبْغِي حَتَّى تَفِيءَ إِلَى أَمْرِ اللَّهِ فَإِن فَاءتْ فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَأَقْسِطُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ

9. Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.
(QS. Al Hujuraat : 9)



وَالَّذِينَ تَبَوَّؤُوا الدَّارَ وَالْإِيمَانَ مِن قَبْلِهِمْ يُحِبُّونَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِّمَّا أُوتُوا وَيُؤْثِرُونَ عَلَى أَنفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ وَمَن يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

9. Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) 'mencintai' orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Mu- hajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung
(QS. Al Hasyr : 9)



زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاء وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

14. Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak [l86] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).

[186] Yang dimaksud dengan binatang ternak di sini ialah binatang-binatang yang termasuk jenis unta, lembu, kambing dan biri-biri.

(QS. Ali Imran : 14)



كَلَّا بَلْ تُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ

20. Sekali-kali janganlah demikian. Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai kehidupan dunia,
(QS. Al Qiyaamah : 20)



وَتُحِبُّونَ الْمَالَ حُبّاً جَمّاً

20. dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan.
(QS. Al Fajr : 20)



قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّى يَأْتِيَ اللّهُ بِأَمْرِهِ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

24. Katakanlah: "jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNYA dan dari berjihad di jalan NYA, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan NYA". Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.
(QS. At Taubah : 24)


Selasa, 16 Desember 2008

MENUJU FORMAPA XVI & MUSDEGA XX

sekarang tinggal hitungan hari kursi komandan PASUSKA diperebutkan......siapa pengganti koamandan Liz sumarni??. tentu akan menarik untuk diikuti kipra para pengganti komandan terdahulu.kini sudh terpampang 6 kandidat calon komandan PASUSKA, yang akan maju dalam FORMAPA(farum reformasi pasuska) XVI....
Dari 6 calaon tersebut tediri dari 3 putra dan 3 putri. dimana dari itu semua terpecah lagi menjadi 3 angkatan . angktan XVII yang diwakili oleh Ka'Liz sumarni yang saat ini menjadi komandan.Angkatan IX diwakili oleh Ka' Amir dan ka' Maduki, dimana ka2k tersebut menjabat Sie Opsdiklat (k'Amir)dan Operasonal(K'Masduki). Sedangkan angkatan XX diwakili 2 ptri 1 putra oleh: K'Baiti, K'Uma dan K'Dwi. dimana ka2k ini masih menjadi seorang anggota buka pengurus......
Dari begitu banyaknya calon Komandan ternyata, MUSDEGA XX malah lebih berani lagi dengan menaruh 10 kandidat calon KDR penggati K"Farid zainal Mustafa yang sdah 2 periode menjabat sebagai KDR.....jadi sangat penuh misteri dalm acara tahuhan ini. aroa politisasi kin hari-kian terasa..dimana para kandidat sangat antusia untk berkampanye, walaupun tidak semuanya. tetapi jelas sangat kelihatana mayoritas calaon berloba-lomba unuk kampanye....
Siapapun yang menjdi KOMANDAN, semoga menjadi komandan yang bisa mengayomi anggotanya, sera tetap memegang apa yang pernah ia janjikan ketka menjadi calon... pitutur jawa mengatakan"upomo dadi pemimpin, dadio pemimpin kang duweni pakem wahyu makuthoromo" . semoga par calon tersebut dapat bersaing denga sehat dan penuh sportifita demi menjunjung demokrasi pemilihan seorang pemimpin..
pemimpin tidak dibatasi dari mana ia berasl/angkatan, tetapi bagainaa ia ejadi bapak bagi pra anggotanya ketika butuh petuah atau nasehat dala menghadapi masalah...muda tua adalah saa dalam ketiaka dihadapkan utuk jadi pemimpi. bedanya adalah ketik seorang tua /gol.tua maju maka tiadalaian nagkata yang muda ada rasa terbesit malu untk menjadi saingannya, walaupun kenyataannya kau muda jga bersikeras bahwasannyayang muda juga bisa berbuat banyak....terlepas dari itu Forapa maupun musdega semoga tidak dijadikan alat untuk sesuka hati dalam memilih komandandan KDR. Semoga politisasi didalamnya tetap sportifitas....
terkhir semoga sukses FORMAPA XVI & MUSDEGA XX dan melahirka pemimpin yang lebih baik lagi tidak hanya mental jasmaninya tapi jga mental rohaninya.......

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More